5 Tips Rahasia Budidaya Ikan Bandeng Air Tawar

Untuk dapat masuk menggeluti bisnis, orang-orang di tuntut bisa bekerja keras dan menguatkan mental dalam segala hal termasuk kegagalan, jika kita tidak ingin menjadi sukses harus mempunyai semangat bangkit untuk membaut sukses diri anda. Mencoba segala bisnis yang cocok dengan anda merupakan sikap mental diri anda dalam berbisnis. Salah satu yang bisa menjadi lahan baik untuk anda adalah membudidayakan ikan bandeng.

Ya..!!! Ikan bandeng merupakan jenis ikan konsumsi yang sangat dicari. Bahkan banyak sekali pencari kuliner memburu olahan dari bandeng itu sendiri. Rasa yang lembut dan guandenrih menjadi satu khas dari rasa bandengnya.

Berbicara tentang budidaya bandeng, banyak sekali permintaan dari luar sehingga pasar bandeng sangatlah ramai. Kebanyakan merupakan pasar daerah ilayah asia.

Ada banyak sekali olahan yang bisa dicoba jika menggunakna ikan bandeng seperti otak-otak bandeng dari gresik, ikan bandeng bakar, atau bahkan lainnya.

Cara pembudidayaan bandeng memssang agak membutuhkan kepekaan khusus dalam mengetahui kondisi ikan bandeng. Jika anda mempunyai lahan yang cukup dan ingin membudidayakan bandeng, anda bisa membaca sedikitnya tips-tips berikut ini:
  1. Pilihlah bibit yang berkualitas, semisal anda bisa menghubungi lembaga terkait untuk memesan ikan. Atau kenali bibit ikan dengan membedakan bibita yang pertama atau terakhir. Jika bibit lahir pada kelahiran pertama berarti kebanyakan bibitan baik jika indukan mengalami pembuahan dua atau tiga kali berarti bibit kebanyakan kurang bagus.
  2. Untuk ukuran lahan sekitar 1 ha, anda bisa berikan bibit dengan jumlah 10.000 bibit bandeng.
  3. Tidak dianjurkan memberi makan pada masa 1 bulan s/d 2 bulan. Ikan bandeng akan mengalami masa perumbuhan cepat pada umur 2 bulan ke-atas. Ikan bandeng pada masa 1 bulanan lebih banyak memakan makanan pada lahan seperti cacing dan plankton.
  4. Perhatikan Warna air pada media, karena air sangat menentukan tingkat nafsu makan ikan bandeng. Biasanya warna hijau laut pada waktu pagi dan siang dan warna coklat pada waktu sore dan malam menandakan ikan dalam kondisi yang sangat baik.
  5. Masa panen biasanya sekitar 4 bulan.