3 Budidaya Ikan Hias Dengan Harga Besar

Apakah anda mempunyai lahan tetapi tidak tahu ingin membuat apa?? jika ia anda bisa menggunakan lahan tersebut untuk budidaya ikan. Ada banyak jenis budidaya ikan yang anda bisa gunakan khusunya budidaya ikan hias. Budidaya ikan hias memiliki jenis yang banyak, seperti ikan hias arwana, koi, koki, sampai ikan hias cupang.

Ikan hias mempunyai nilai yang besar bahkan untuk ikan hias jenis langka bisa dihargai puluhan juta rupiah. Jika anda tertarik budidaya ikan hias, beberapa yang harus disiapkan seperti kolam atau lahan tanah, alat perlengkapan budidaya ikan hias seperti pompa air, pembersih air, dan lain sebagainya.

Ada banyak sekali ikan hias yang bisa di budidayakan pada iklim indonesia ini. Berikut daftar budidaya ikan hias yang mempunyai harga jual tinggi.

1) Ikan Hias Arwana
Semua tahu pastinya jenis ikan hias yang satu ini. mempunyai ciri khas warna keemasan, dan beberapa jenis warna lainnya seperti warna merah keemasan. Budidaya ikan hias arwana tergolong budidaya menengah ke-atas, bayangkan saja satu indukan arwana saja mempunyai harga jutaan sampai puluhan juta rupiah. Tidak terbayang modal yang kita keluarkan jika kita ingin membudidayakan ikan jenis ini. Banyak sekali permintaan dari negara lain khususnya negara-negara asia. Ikan arwana khas kalimantan adalah ikan arwana primadona dunia karena mempunyai corak yang langka dan indah.

2) Ikan Hias Koi
Sama seperti diatas budidaya jenis ini dibutuhkan ketlatenan dalam merawat. Beberapa keahlian khusus seperti cara memilih indukan yang baik, bagaimana membuat ukuran kolam yang cocok menjadi bagian dari budidaya ikan koi. Ikan koi sendiri sudah terkenal di berbagai penjuru dunia. Harganya pun mulai darii puluh ribuan sampai puluhan juta.

3) Ikan Hias Cupang
 Walaupun bentuk dari ikan ini kecil, akan tetapi banyak sekali warga yang berminat untuk membudidayakan ikan hias cupang. Sudah banyak beberapa komunitas ikan hias cupang ini di indonesia. Harga dari ikan hias cupang ini tergantung corak warna ikan cupang, semakin indah maka semakin mahal. Harga bisa mencapai 100 ribu sampai jutaan rupiah.
 Jika anda tertarik menjadi salah satu budidaya ikan hias diatas, dianjurkan untuk bergabung di komunitas-komunitas terkait, karena anda bisa mendapatkan wawasan yang lebih.